Peningkatan Kemampuan Guru Pada Pembelajaran

Peningkatan Kemampuan Guru Pada Pembelajaran Dan Penilaian Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Bimtek Dan Pendampingan Peningkatan Mutu Berbasis Kurikulum 2013 Pada Sekolah Model SPMI SMPN 1 Kelapa Dua Kabupaten Tangerang

Oleh :

Lela Foni Sulistiyowati, M.Si *)

*Widyaiswara Madya LPMP Provinsi Banten

 

ABSTRAK

 Peningkatan mutu terus menjadi issue utama dalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui LPMP Banten  sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan berperan membantu pemerintah daerah dalam berbagai upaya melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).    Melalui Bantuan Pemerintah tahun 2018 untuk sekolah model Sistem Penjaminan Mutu Internal, LPMP menyelenggarakan program Bimbingan Teknis dan pendampingan peningkatan mutu berbasis kurikulum 2013.  Agar lebih berdaya guna dan efektif maka kegiatan difokuskan pada peningkatan kempuan guru pada pembelajaran dan peniaian berorientasi keterampilan tingkat tinggi.  Hal ini sejalan dengan tantangan era industri dan kemajuan IPTEK yang menuntut peserta didik memiliki keterampilan abad 21.  Tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk 1). memfasilitasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal, 2). memfasilitasi peningkatan mutu  sesuai Standar Nasional Pendidikan yang berfokus pada standar proses dan standar penilaian 3). memfasilitasi  penumbuhan budaya mutu di sekolah.  Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan  bimtek dan pendampingan ini adalah 1). Meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. 2). meningkatkan kemampuan guru dalam penilaian berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Kegiatan dilaksanakan di SMPN 1 Kelapa 2 KabupatenTangerang melalui 3 tahapan yakni bimbingan teknis, pendampingan pembelajaran/penilaian 1 dan pendampingan pembelajaran/penilaian 2.  Pelaksanaan  Bimbingan Teknis  Peningkatan Mutu Berbasis Kurikulum 2013 pada tanggal 23 Juli s.d 26 Juli 2018.  Sedangkan pendampingan pembelajaran/ penilaian  1 dilaksanakan selama 2 hari yakni  10 dan 12 September 2018.  Pendampingan pembelajaran/penilaian 2 dilaksanakan  selama 2 hari  pada tanggal 1 Oktober dan 6 Oktober 2018. Sasaran Kegiatan bimtek adalah 9 orang guru dan kepala sekolah, sedangkan pendampingan hanya pada 8 orang guru.

Hasil kegiatan menunjukan bahwa Kegiatan bimtek dan pendampingan peningkatan mutu pembelajaran berbasis kurikulum 2013  dapat memfasilitasi  terlaksananya sistem penjaminan mutu internal , memfasilitasi  peningkatan mutu sesuai standar nasional pendidikan yang berfokus pada standar proses dan standar penilaian, memfasilitasi  penumbuhan budaya mutu di sekolah model, karena sekolah dapat melaksanakan tiap tahapan dalam siklus SPMI. Kegiatan bimtek dan pendampingan peningkatan mutu pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi dan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam penilaian berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

 

Kata Kunci :

Peningkatan Mutu, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Kurikulum 2013

Artikel Selengkapnya

You May Also Like

Pin It on Pinterest