lpmp banten UTN ULANG 2 DAN 4 TAHUN 2018 – LPMP Banten

UTN ULANG 2 DAN 4 TAHUN 2018

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) IPA SMP TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KABUPATEN “X” PROVINSI BANTEN
August 21, 2018
RAPAT KORDINASI PELAKSANAAN UTN ULANG 2 DAN 4 TAHUN 2018
August 24, 2018

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat guru dan Tenaga Kependidikan akan melaksanakan Uji Tulis Nasional (UTN) Ulang pada rentang 26 – 31 Agustus 2018. UTN Ulang ini merupakan UTN Ulang ke-2 bagi peserta sertifikasi guru pola PLPG tahun 2017 sekaligus UTN Ulang ke -4 peserta PLPG tahun 2016 yang belum lulus UTN.  Daftar Nama peserta UTN Ulang dan jadwal ujian detil bisa dicek serta bisa dicetak kartu peserta secara mandiri dengan menggunakan NUPTK, oleh peserta sertifikasi guru tahun 2016 dan 2017 di laman:

http://sergur.id/pub/index.php?pg=detailu

Pelaksanaan UTN Ulang di provinsi Banten di serahkan pelaksanaannya ke Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten melalui pola Bantuan Pemerintah. Untuk menunjang segi teknis dan agar pelaksanaan UTN Ulang 2 dan 4 ini berjalan dengan baik, Dindik Banten menggandeng LPMP Banten sebagai tim teknis, Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota serta Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) sebagai pengawas, dan beberapa sekolah sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) UTN Ulang ini.

UTN Ulang di provinsi Banten akan dilaksanakan serentak dari hari Senin 27 Agustus 2018 sampai dengan Rabu 29 Agustus 2018.  Setiap harinya terbagi atas 2 (dua) sesi. Sesi 1 mulai pukul 08:00 – 10:30wib, dan sesi 2 pukul 10:30 – 13:30wib. Pelaksanaan di sebar di 6 TUK agar lebi mudah menjangkau peserta dari asal kab/kota nya. Pembagian peserta per kab/kota menurut TUK adalah sebagai berikut:

Peserta dari Kab/kota TUK
Kab. Pandeglang SMK NEGERI 2 PANDEGLANG
Kab. Lebak SMA NEGERI 1 RANGKASBITUNG
Kab. Tangerang SMA NEGERI 1 BALARAJA
Kab. Serang SMK NEGERI 1 KOTA SERANG
Kota Cilegon
Kota Serang
Kota Tangerang SMA NEGERI 7 KOTA TANGERANG
Kota Tangerang Selatan

UTN Ulang adalah kesempatan terbaik yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar peserta dapat meraih predikat kelulusan tanpa harus mengulang proses pembelajaran sertifikasi guru dari awal. Sebagai persiapan untuk mengikuti UTN Ulang  dan 4, guru hanya perlu mempelajari ulang materi yang sudah dipelajari saat proses PLPG yang lalu, atau juga dapat mengunduh kisi-kisi UTN ulang di laman:

http://gg.gg/OETN2018

http://shorturl.at/vAKY0

Yang teramat penting untuk diperhatikan oleh peserta UTN Ulang adalah, jangan mempercayai jika ada pihak-pihak yang mengaku sebagai pimpinan atau staf baik LPMP, Dinas Pendidikan maupun LPTK yang mengaku bisa meluluskan peserta dengan cara pintas. Karena tidak ada orang yang dapat meluluskan peserta UTN Ulang kecuali melalui usaha peserta tersebut dengan tekun mempelajari ulang materi-materi yang sudah diterima. Hal ini sudah ditegaskan oleh kepala LPMP Banten di laman:

http://www.lpmpbanten.net/surat-pemberitahuan-kepala-lpmp-banten-mengenai-maraknya-penipuan/

Tata Tertib Peserta:

  1. Peserta melakukan registrasi pada hari pelaksanaan ujian    15 menit sebelum pelaksanaan ujian.
  2. Persyaratan yang wajib dibawa dan ditunjukkan pada saat registrasi yaitu KARTU PESERTA dan/atau  KARTU IDENTITAS DIRI (KTP/SIM)
  3. Mengisi Daftar Hadir yang telah disediakan oleh Pengawas Ruangan.
  4. Memasuki lokasi dan ruangan ujian sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.
  5. Tidak boleh membawa kamera, kalkulator, F-Disk, HP ke meja ujian.
  6. Alat tulis dipersiapkan sendiri oleh peserta.
  7. Peserta tidak boleh didampingi atau diwakilkan.
  8. Menjaga ketertiban di dalam ruangan.
  9. Bila Peserta melanggar tata tertib ini, PENGAWAS berhak mengeluarkan peserta dari ruang ujian.

Mudah-mudahan dengan adanya UTN Ulang ini bisa menjadi jembatan yang mempermudah guru khususnya peserta sertifikasi guru jalur PLPG tahun 2016 dan 2017 yang belum lulus UTN untuk segera mendapat predikat Guru Profesional, yang akan meningkatkan mutu pendidikan khususnya di provinsi Banten.

Comments are closed.