MEMAHAMI DAN MENYIKAPI POLA PENGAJUAN PPG (WAJIB BACA BAGI GURU)

Salah satu hal paling penting bagi guru saat ini adalah data! Berbagai macam pendataan dilakukan baik oleh Kementerian Pendidikan (pusat) maupun Dinas pendidikan (daerah) dengan berbagai tujuan. Salah satu yang terbaru adalah mengenai ajuan Data PPG. Lalu bagaimanakah seharusnya guru menyikapi hal ini?

 

SERTIFIKASI GURU/PPG

waktu: terjadi 1 tahun sekali, diumumkan oleh Pusat melalui surat ke Dinas Pendidikan, biasanya dengan batas waktu yang pendek (dalam hal ini 4-20 November 2017)

sumber data: Dapodik yang di sharing ke simPKB

aplikasi: SimPKB (http://app.simpkb.id/)

kronologi:

Data PPG diumumkan awal November melalui simPKB, guru-guru harus membuka aplikasi secara mandiri dengan akun pribadi masing-masing. Jika ada pengumuman “selamat anda diundang mengikuti PPG, silahkan ajukan pendaftaran” maka guru tersebut memenuhi persyaratan awal PPG (cek persyaratan di: http://www.lpmpbanten.net/2017/11/03/seleksi-calon-peserta-ppg-2018-sudah-dimulai/) dan harus mngajukan mengikuti PPG secara mandiri dengan melengkapi data diri dan scan ijazah asli S1 nya ke aplikasi simPKB. Jika guru tidak diundang dan merasa berhak mengikuti PPG maka lakukan langkah-langkah petunjuk yang ada dalam simPKB atau cek caranya di berita link http://www.lpmpbanten.net/2017/11/03/seleksi-calon-peserta-ppg-2018-sudah-dimulai/

Setelah guru mengajukan PPG, maka guru tersebut harus setiap hari menge-cek data ajuan nya di aplikasi simPKB, apakah sudah disetujui oleh verifikator atau ditolak dan harus diperbaiki.

Jika disetujui maka langkah selanjutnya tinggal menungu jadwal di simPKB untuk mengikuti pretest PPG (jadwal fix keluar pada tanggal 25 atau 26 November 2017)

Jika ditolak dengan perbaikan, artinya guru tersebut harus segera memperbaiki data/scan ijazahnya sesuai pada catatan perbaikan maksimal 20 November pukul 23:59wib.

Jika terjadi kesalahan dari verifikator pun, guru diminta sigap untuk mengecek dan menginformasikan ke Dinas/LPMP. Tentunya maksimal pelaporan adalah hari dan jam kerja pada tanggal 20 November 2017 pukul 16:00wib. jika laporan terlambat di sampaikan maka tentunya LPMP tidak bisa memperbaiki hasil verifikasi. karena setelah tanggal 20 November untuk alasan apapun Guru tidak dapat mengajukan/memperbaiki data ajuan /scan ijazah nya.

KESIMPULAN:

Dari langkah-langkah diatas, sudah sangat jelas bahwa KEWAJIBAN GURU MASING-MASING UNTUK MENGAWAL DATA NYA SENDIRI! Jangan mengandalkan operator sekolah/Dinas/LPMP.

Jika terjadi terjadi penolakan dengan perbaikan,  maka guru hanya dapat memperbaiki data/scan ijazah sesuai pada catatan perbaikan, secara mandiri di simPKB maksimal 20 November 2017 pukul 23:5 wib.

Jika terjadi kesalahan verifikator, maka pengaduan hanya dapat dilayani di LPMP sampai dengan 20 November 2017 pukul 16:00wib. Jika guru melapor setelah waktu verifikasi tutup (21 November 2017) maka siapapun tidak akan bisa merubah data guru tersebut, karena aplikasi sudah dikunci oleh Pusat, dan tidak akan dibuka dengan alasan apapun dari guru, Dinas Pendidikan maupun LPMP. Kecuali jika ada kebijakan dari Kementerian untuk membuka ajuan data secara Nasional (sampai tulisan ini dipublish belum ada kabar akan dibuka kembali ajuan baru PPG)

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =

Pin It on Pinterest