lpmp banten KINERJA GURU IPA SMP DI RANGKASBITUNG DALAM PENILAIAN KETERAMPILAN SISWA – LPMP Banten

KINERJA GURU IPA SMP DI RANGKASBITUNG DALAM PENILAIAN KETERAMPILAN SISWA

Paguyuban Kepala LPMP dan Dharma Wanita menghadiri Open House Halal bi Halal Idul Fitri di Kediaman Menteri Pendidikan
June 25, 2018
PENGUMUMAN CALON PESERTA SERTIFIKASI GURU JALUR PPG TAHAP 2 TAHUN 2018
June 30, 2018

KINERJA GURU IPA SMP DI RANGKASBITUNG DALAM PENILAIAN KETERAMPILAN SISWA

 

Disusun oleh: Raden Ahmad Hadian Adhy Permana

Widyaiswara LPMP Provinsi Banten

 

 

  1. Latar Belakang

Kinerja guru meliputi proses dan produk dalam praktik mengajarnya sebagai tugas pokok. Proses tersebut mencakup aktivitas merencanakan pengajaran, melaksanakan rencana pengajaran, dan melakukan evaluasi. Produk kinerja guru meliputi dokumen rencana pengajaran dan dokumen evaluasi pengajaran. Produk dalam rencana pengajaran selain silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) termasuk pula bahan ajar, lembar kerja siswa, serta media yang mungkin dibuat sendiri oleh guru. Dokumen evaluasi meliputi instrumen soal, instrumen penilaian proses dan sikap, rubrik, dan rencana pengayaan atau pengajaran remedial.

Salah satu yang bagian dari kinerja yang perlu mendapat perhatian dalam penerapan Kurikulum 2013 saat ini adalah proses melakukan penilaian atau evaluasi. Fokus sekolah dan para guru pada penerapan kurikulum sebelumnya cenderung memprioritaskan penilaian pengetahuan dengan berbagai instrumennya serta adanya ujian nasional yang menjadi target akhir. Penerapan Kurikulum 2013 memperlihatkan upaya menyeimbangkan hasil belajar siswa antara tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Bagi guru-guru IPA yang mengajarkan atau memfasilitasi kegiatan praktikum, melakukan penilaian keterampilan siswa adalah bagian penting yang harus mendapatkan perhatian. Implementasi penilaian keterampilan tersebut menjadi bagian dari kinerja guru IPA dan tidak dapat diabaikan sehingga perlu untuk diketahui praktiknya di sekolah.

 

  1. Permasalahan

Rumusan pertanyaan untuk kegiatan kajian ini adalah:

  • “Bagaimana kinerja guru-guru IPA SMP di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak Banten dalam menerapkan penilaian keterampilan?”
  • “Kegiatan pengembangan profesi seperti apa yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan melakukan penilaian keterampilan bagi guru-guru IPA di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak?”

 

  1. Tujuan

Tujuan studi lapangan ini adalah:

  1. Mendeskripsikan kinerja guru-guru IPA SMP di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak dalam melakukan penilaian keterampilan IPA.
  2. Mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kemampuan guru-guru IPA SMP di Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak dalam melakukan penilaian keterampilan IPA.
  3. Mengidentifikasi kendala-kendala dalam penerapan penilaian keterampilan pelajaran IPA di SMP.

Artikel Selengkapnya bisa dilihat dan di unduh pada link dibawah ini:

http://www.lpmpbanten.net/wp-content/uploads/2018/06/artikel-hasil-field-study-2017.pdf

Comments are closed.