lpmp banten Bimbingan Fasilitator Daerah Pengumpulan Data Mutu – LPMP Banten

Bimbingan Fasilitator Daerah Pengumpulan Data Mutu

PENGUMUMAN CALON PESERTA SERTIFIKASI GURU JALUR PPG TAHAP 2 TAHUN 2018
June 30, 2018
Pengumuman E-Lelang Seleksi Sederhana Pekerjaan Konsultan Pengawasan Pembangunan Wisma Pendidikan
July 10, 2018

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional, Permendiknas No. 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan menyebutkan bahwa, Penjaminan mutu pendidikan adalah kegiatan sistemik dan terpadu oleh satuan atau program pendidikan, penyelenggara satuan atau program pendidikan, pemerintah daerah, pemerintah, dan masyarakat untuk menaikkan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa melalui pendidikan.  Namun demikian peningkatan mutu pada satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen sekolah. Untuk peningkatan mutu sekolah secara utuh dibutuhkan pendekatan khusus agar seluruh komponen sekolah bersama-sama memiliki budaya mutu. Untuk itu dibutuhkan program Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di seluruh sekolah di Indonesia dengan pendekatan pelibatan seluruh komponen sekolah.

Sebagai langkah awal rangkaian kegiatan penjaminan mutu setiap satuan pendidikan harus mampu melakukan pengumpulan data mutu. Pengumpulan data mutu ini diperlukan agar setiap satuan pendidikan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing berkaitan dengan pencapaian Standar Nasional Pendidikan, sehingga dapat dilakukan perbaikan dan peningkatan untuk mencapai dan bahkan melampaui Standar Nasional Pendidikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyelenggarakan Program Pemetaan Data Mutu Pendidikan pada semua jenjang pendidikan formal Tahun 2017. Program tersebut dimulai dengan kegiatan 1) Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan, 2) Pembentukan dan Pelatihan Tim Data Mutu, 3) Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pengumpulan Data, 4) Bimbingan Teknis Pengawas, 5) Pelaksanaan Pengumpulan Data, Verifikasi dan Validasi data, 6) Analisis Data, 7) Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu dan 8) Desiminasi Pemetaan Data Mutu.

Program pemetaan data mutu yang dilaksanakan secara berkesinambungan ini menggunakan sistem yang terpadu antara aplikasi dapodik dan aplikasi PMP yang akan terhimpun dalam website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai database untuk menjadi data Peta Mutu Pendidikan. Menindaklajuti rangkaian program tersebut, maka  penting untuk melaksanakan kegiatan Bimbingan Fasilitator Daerah agar sebagai fasilitator pengumpulan data memahami prosedur penjaminan mutu pendidikan dengan benar sehingga pada pelaksanaan pengumpulan data mutu kelak berjalan dengan maksimal.

Tujuan bimtek ini adalah mempersiapkan calon fasilitator daerah agar dapat:

  1. membantu dan melatih pengawas sekolah yang akan melakukan pengumpulan data mutu sekolah.
  2. memahami dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengumpulan data mutu satuan pendidikan (persiapan, pelatihan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi).
  3. memahami dan menjelaskan isi instrumen pengumpulan data mutu satuan pendidikan.
  4. berperan sebagai fasilitator bersama pengawas sekolah sebagai koordinator dalam pelaksanaan pengumpulan data mutu pendidikan pada satuan pendidikan.
  5. menjelaskan instrumen pengumpulan data mutu pendidikan kepada satuan pendidikan.
  6. berinteraksi dengan responden pengumpulan data mutu pendidikan.
  7. melakukan verifikasi dan validasi data mutu pendidikan.
  8. memandu proses pengisian data ke aplikasi pengumpulan data.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan Fasilitator Daerah adalah peserta yang akan menjadi fasilitator pengumpulan data dapat menjamin akuntabilitas pengumpulan data sesuai dengan kondisi nyata di satuan pendidikan. Pelatihan ini dianggap berhasil apabila peserta:

  1. mampu membantu dan melatih pengawas sekolah yang akan melakukan pengumpulan data mutu sekolah.
  2. mampu memahami dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengumpulan data mutu satuan pendidikan (persiapan, pelatihan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi).
  3. mampu memahami dan menjelaskan isi instrumen pengumpulan data mutu satuan pendidikan.
  4. mampu berperan sebagai fasilitator bersama pengawas sekolah sebagai koordinator dalam pelaksanaan pengumpulan data mutu pendidikan pada satuan pendidikan.
  5. mampu menjelaskan instrumen pengumpulan data mutu pendidikan kepada satuan pendidikan.
  6. mampu berinteraksi dengan responden pengumpulan data mutu pendidikan.
  7. mampu melakukan verifikasi dan validasi data mutu pendidikan.
  8. mampu memandu proses pengisian data ke aplikasi pengumpulan data.

Kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah dilaksanakan dalam 4 (Empat) angkatan di LPMP Banten, dengan rincian waktu sebagai berikut :

 

No Tahap Waktu
1 Angkatan I 2-4 Juli
2 Angkatan II 5-7 Juli
3 Angkatan III 9-11 Juli
4 Angkatan IV 12-14 Juli

 

Comments are closed.